Depan Pembasmian Hama Tikus di Blok Awiraragan

Pembasmian Hama Tikus di Blok Awiraragan

Senin, 24 September 2018. Regu Pengendali Hama Desa Cengal (RPDHC) yang diketuai oleh bapak eman atau yang oleh warga setempat lebih sering disapa Kedo melakukan pembebasimian hama tikus menggunakan racun yang dicampur dengan padi.

Dalam gerakan pembasmian ini mereka dibina oleh NanaSupriatna dan Suandi selaku penyuluh pertanian desa. Mereka bergotongroyong untuk bersama-sama membasmi hama tikus di daerah pesawahan Awirarangan. Para penyuluh sendiri adalah pembimbing warga desa untuk menggunakan campuran yang pas ketika pencampuran.

Menurut Bapak Kedo, Hama tikus di daerah ini sudah sangat keterlaluan dan menyebabkan para petani merugi. Gerakan ini dilakukan serentak dengan bekerja sama dengan pemerintah, penyuluh dan seluruh warga yang punya sawah di daerah ini supaya hama tikus terbasmi bersama tanpa terkecuali. Karena jika hanya satu petak saja yang dibasmi tikus-tikus yang bersarang di tempat lain maka akan pindah ke tempat yang tikusnya sudah di basmi tadi. Dan kedepan setelah gerakan ini semoga saja tidak ada lahi hama dan kualitas serta kuantitas pertanian dapat bertambah karena menyangkut kesejahtraan kami semua.