Depan Loka Karya dan Seminar BUMDES oleh UNISA

Loka Karya dan Seminar BUMDES oleh UNISA

Kelompok KKN 15 Universitas Isalam Al-ihya Kuningan mengadakan Seminar dan Lokakarya di Aula Balai Desa Cengal dengan mendundang Perangkat Desa, BPD desa Cengal, LPM Desa Cengal, MUI Desa Cengal, Karangtaruna, Kader POSYANDU, dan Pemuda Paguyuban Desa Cengal. dan yang paling utama untuk menghadiri ini adalah pengurus BUMDES Desa Cengal. Acaya yang diketuai oleh Suci Miftah N. ini bertemakan "PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN BUMDES SEBAGAI MOTOR PENGGERAK PEREKONOMIAN DESA MELALUI SUMBERDAYA DAN POTENSI DESA CENGAL".

 Acara dibuka dengan sambutan ketua pelaksana seminar dengan memaparkan tujuan diselenggarakannya cara. kemudian pihak desa yang langsung oleh PJS Kepala Desa Bapak Dudiana, S.IP. M.Si. memberikan sambutan berupa dukungan terkait acara ini. dan sampailah pada acara utama yaitu lokakarya dan seminar.

Mahasiswa UNISA dalam acara ini mencoba menumbuhkan kembali semangat pergerakan BUMDES dalam membangun ekonomi desa dengan peluang berupa potensi desa dari sektor pertanian, industri rumahan, dan perdagangan yang nantinya mampu menumbuhkan pendapatan desa dan perekonomian masyarakat sekitar. Dari adanya lokakarya ini setiap yang hadir diberi pembelajaran bagimana berwirausaha yang baik dan benar serta memaksimalkan keuntungan usaha.

Meninjau hal itu program  BUMDES yang merupakan otonomi desa yang bisa diadakan atau tidak memang memerluka ide-ide segar dan Businese Plan yang tepat sehingga desa tidak gegabah dalam mengeluarkan anggaran desa.

kedepan pihak UNISA sendiri sangat mengharapkan adanya perkembangan perekonomian melalui BUMDES ang berkelanjutan.